Breaking News
Home / Donasi

Donasi

Merupakan satu perenungan lama saya untuk memutuskan ini. Mencari DONASI untuk SegoresTinta.

Profit adalah satu tujuan utama dalam berbisnis. Rasanya munafik jika membuat bisnis tapi bukan profit oriented, karena UUD (Ujung Ujungnya Duit). Bisnis apapun pasti diharuskan menghasilkan profit. Entah seberapa besar skalanya, bahkan sekecil jualan HIK (Hidangan Istimewa Kota) atau angkringan.

Dan konsep inilah yang bercokol di pikiran saya. Namanya berbisnis ya harus profit. Kalau tidak profit, buat apa berbisnis. Tapi konsep ini “ditampar” keras-keras ketika saya mengetahui ada yang berbisnis tapi bukan mengejar profit.

NGO (Non Governmental Organization) merupakan bentuk organisasi yang tidak memprioritaskan profit sebagai tujuannya. Mungkin anda lebih familiar dengan istilah lembaga aktivis. Kemudian kembali berputar-putar dalam pikiran saya, bagaimana ia bisa sustain (bertahan) jika profit bukan tujuannya. Bagaimana ia mengakomodasi segala aktivitasnya?

Beberapa teman saya yang kompeten di bidang bisnis maupun komunikasi memberi penjelasan singkat bahwa NGO ini bisa hidup karena adanya donasi. Dan donasi ini ternyata begitu deras mengalir justru dari kantong-kantong bule. Wow, sebegitu dermawankah bule-bule ini?!

Kemudian saya menarik benang merah. Jika “profit” dan “sustain” merupakan dua pilar dalam berbisnis, bentuk seperti apakah yang bisa menopang keduanya? Profit bagi NGO bisa diperoleh dari donasi agar sustain, tapi pilar yang kedua ini bagaimana?

KOMUNITAS. Yah, itulah JAWABAN yang saat ini masuk akal bagi saya. Katakanlah jika saat ini saya mengibarkan bendera SegoresTinta seorang diri, kalau saya tidak ada, bagaimana kelanjutannya? Matikah bersamaan dengan keabsenan saya? Semoga tidak.

Jawaban ini datang ketika saya mengamati fenomena sekitar. Lihatlah komunitas-komunitas yang ada. Betapa kentalnya persahabatan bahkan di dunia mayapun yang sama sekali tidak mengenal identitas asli sesama anggota.

The Pirate Bay dan KickAss mungkin bisa jadi contoh yang saya angkat. Walaupun ilegal, dijegal berapa kalipun pendirinya, keduanya masih ada. Seperti kecoak. Daya juangnya untuk hidup sangat tinggi walaupum sudah diinjak-injak. WikiLeaks juga bisa jadi contoh. Dan masih banyak contoh komunitas lain yang sempat saya cari tahu lini masanya.

Kemudian pertanyaan selanjutnya, untuk apakah donasi ini nanti? Nah ini dia yang masih dalam perenungan saya berkaitan ke mana gerak SegoresTinta ini nanti. Untuk sementara, donasi akan digunakan untuk tetap menghidupkan website SegoresTinta ini.

Donasi bisa ditransfer melalui rekening

Rekening

Rekening

Mandiri
9.0000.1474.0923
Atas nama Darmawan R H S

Salam hangat,
Darmawan RHS
Admin SegoresTinta