Breaking News
Home / Opini / US dan Indonesia, Siapa yang Powerfull?

US dan Indonesia, Siapa yang Powerfull?

Data Perekonomian US menurun, berimbas pada perekonomian Indonesia yang turut lesu.

Salah satu news ticker berbunyi demikian, tapi benarkah? Apa hubungannya US yang berbeda 11 jam zona waktu (Jakarta – New York) bisa berdampak kepada Indonesia? Sebelas jam, itu berarti berada di belahan bumi sebaliknya dengan Indonesia. Sebegitu powerfull kah US?

Mari kita coba lihat yang paling sederhana, dengan menggunakan salah satu komponen Matematika yang pernah diajarkan di bangku sekolah. KORELASI.

Korelasi merupakan salah satu instrumen dari statistik yang menguji hubungan dan arah dari dua variabel. (Kira-kira begitu definisinya hehe). Memiliki koefisien bernilai dari (-1) hingga (1). Bernilai (-1) itu berarti keduanya memiliki arah berlawanan, jika salah satu naik, maka yang lain turun. Begitu juga sebaliknya, jika bernilai (1) kenaikan salah satu akan diikuti kenaikan pula yang lain.

Sekarang kalau misalkan variabel perekonomian suatu negara diambil dari index pasar modal. Pasar modal diambil sebagai variabel mengingat sifatnya yang likuid sehingga mudah berfluktuasi. US dengan NASDAQ dan Indonesia dengan IHSG.

ekonomi US dan Indonesia

Jika melihat grafik tersebut, apakah kenaikan/penurunan garis merah (US) memiliki pola yang sama dengan garis biru (Indonesia)? Jika memiliki pola yang sama misal merah naik, biru juga naik. Demikian sebaliknya, merah turun, biru juga turun. Itu berarti keduanya memiliki korelasi positif (memiliki hubungan).

Dari grafik ini banyak yang bisa diinterpretasikan. Misal pertumbuhannya, garis biru berada di atas garis merah. Itu berarti perekonomian Indonesia berada di atas US.

Di bulan Juni akhir ketika garis merah mengalami penurunan tajam, penurunan garis biru tidak setajam yang merah. Itu berarti ketika Indonesia melemah, tidak selemah di US.

Dan seterusnya dan seterusnya. Grafik ini hanya diambil selama tiga bulan terakhir. Bisa ditarik lebih jauh ke belakang untuk mengetahui perbandingan ekonomi US dengan Indonesia. Oya, grafik ini juga diambil dari salah satu produk Google, Google Finance. Jadi siapapun yang ingin melihatnya, bisa mencobanya sendiri.

Ups, apalah saya yang hanya pernah mengajar 1 + 1 kepada santri kok berbicara mengenai ekonomi suatu negara. Hehe. Hanya keisengan belaka, toh sama-sama matematika. Tulisan di atas ini bisa sangat SALAH hahaha

Rumah, 17 Agustus 2016

User Rating: Be the first one !

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram