Breaking News
Home / Curhat / Ukuran Kebahagiaan Penulis

Ukuran Kebahagiaan Penulis

MasDar, apa serunya dari menulis sih?

Jawaban standar dari pertanyaan ini ialah kebahagiaan dalam membagi pikiran. Jika ditarik ke belakang, maka tidak jauh berbeda dengan egoisme. Membagi pikiran berarti memimpin diskusi ke arah yang kita inginkan. Tanpa ada intervensi sebelum tulisan selesai. Yah, walaupun tak jarang intervensi bisa muncul dengan komentar yang mengungkit sepenggal dari keseluruhan isi tulisan.

Terlepas dari itu, saya mencoba mengukur kebahagiaan dari menulis. Ukuran yang saya ambil berdasarkan dari jenis feedback pembaca.

Ukuran terkecilnya adalah JUMLAH VIEW atau PENGUNJUNG. Pembaca tak perlu melakukan apapun untuk memberikan feedback. Cukup dengan mengunjungi saja sudah termasuk feedback. Menulis di media sosial semacam Facebook, akan susah mendeteksi berapa banyak viewer dari tulisan kita. Entah, tulisan kita ada yang membaca atau tidak. Who knows?! Alhamdulillah di SegoresTinta ukuran ini bisa dilihat.

Ukuran selanjutnya adalah jumlah LIKE. Pembaca perlu mengerahkan jempolnya untuk meng-klik tombol LIKE/ SUKA. Ini merupakan feedback yang lebih tinggi dari sekedar mengunjungi. Ada sedikit usaha yang dikeluarkan pembaca untuk memberikan feedback. Dan ini sangat diapresiasi oleh penulis.

Ukuran berikutnya adalah jumlah KOMENTAR. Entah itu komentar yang sekedar bilang “SIP” atau yang lebih panjang dengan mengajak diskusi seputar isi tulisan. Pembaca tak lagi pasif hanya membaca tapi juga sangat aktif memberikan feedback. Ini juga sangat diapresiasi penulis.

Ukuran yang terakhir adalah jumlah SHARE. Pembaca tak hanya setuju dengan isi tulisan, tetapi merekomendasikan temannya untuk membaca tulisan penulis apapun isinya. Turut membagikan pikiran dari penulis kepada teman-temannya. Bagian yang ini juga sangat diapresiasi penulis. Walaupun sesederhana klik tombol SHARE atau dengan mengimbuhi beberapa kalimat sanggahan maupun persetujuan.

Empat kategori tadi sangat BISA diukur dan dilihat dalam bentuk ANGKA. Semakin besar angkanya, semakin termotivasi juga bagi penulis. Tapi dari keempat itu ada satu lagi yang bisa membahagiakan penulis. Suatu saat bertemu orang.

“Mas. Saya suka baca tulisan Mas lho.”

Ah. Serasa jadi artis. 😁

Rumah, 7 Agustus 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ur Keyboard Ur Weapon

Sebagian besar dari kita pasti sudah jengah dengan “perang keyboard” yang terjadi di linimasa media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram