Breaking News
Home / Opini / .:: Tarawih dan Anak Kecil ::.

.:: Tarawih dan Anak Kecil ::.

Tarawih dan anak kecil menjadi satu kesatuan yang susah dipisahkan. Berangkat tarawih maka mau tak mau akan kau temukan anak kecil di deretan belakang. Entah mengapa anak kecil “terikat” hatinya untuk berangkat ke masjid.

“Toooon…. Antooooon,” teriakku di depan rumahnya. Teringat masa kecilku selalu menghampiri satu temanku itu yang kebetulan searah dengan masjid. Mengajak teman untuk “bermain” bersama di masjid ketika tarawih hehe. Berlarian antar tiang. Masuk satu pintu, keluar di pintu lainnya. Tersandung, jatuh bergulung-gulung. Sesekali heran dengan anak yang lebih dewasa “meledakkan” petasan yang menggelegar.

Kini, delapan belas tahun berselang, mulut komat-kamit dan hati menggerutu mendengar anak berlarian di masjid. Terkadang membawa pistol-pistolannya dan menembakkan ke jamaah. Lari di antara shaf. Memukuli punggung orang yang sholat. Dan yang lebih jahilnya yaitu menendang pantat yang sedang sujud. Sambil berteriak, “AYAAAAH….. AYAAAAHHHH.”

Belum lagi ketika mendengar suara petasan yang mengagetkan sampai membuat terlompat. Jiaaan jaaan. Rasanya ingin membatalkan shalat dan segera mengejar anak tersebut. Ikut lari-larian. Menangkap tangannya dan terdiam. Wajah masa kecilmu tercermin pada anak tersebut. (Yah walaupun ndak sejahil ini sih :p).

Tapi dari teriakan anak yang mengerikan, lebih mengerikan ketika shalat, anak kecil di sampingmu berteriak, “AYAAAH… MAU PIPIIIIIS,” sambil menarik-narik sarung ayahnya. Tetapi sang ayah tetap khusyuk mendengarkan lantunan bacaan imam tanpa ada keinginan membatalkan shalatnya.

Sang ayah boleh khusyuk, tapi sang imam sudah membatin, “WOY ANAKNYA SIAPA ITU MAU PIPIS? EMAN-EMAN KARPETNYA WOY!”

Rumah, 13 Juni 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram