Breaking News
Home / Curhat / .:: Sumpah Dagelan ::.

.:: Sumpah Dagelan ::.

“Eh hilalnya kelihatan!” girang sekali dibuatnya.
“Mana? Mana?” otomatis “merampok” perhatian seluruh pengunjung yang ikut mengamati

“Yah, barusan ketutupan awan” membuat penonton kecewa, telah memberi perhatian. “Eh itu kelihatan lagi!” teriaknya yang tentu saja merampok perhatian sekali lagi. Tapi begitu didekati, kembali ia berdalih tertutup awan.

Ku coba amati kelakuannya. Masa mata sipitku ini juga ndak bisa menangkap hilalnya. Ku amati pula timnya yang berdiri dan mencatat waktu terlihatnya hilal. Mereka bisa lihat juga ndak ya?

Kamera yang terpasang di teropong saja tak menangkapnya. Bukannya ku meremehkan ciptaan-Nya, tapi karena keterbatasan mata manusia. Dagelan. Jadi gini tho proses Rukyat Hilal di sini? Yang dijadikan patokan dalam sidang isbat Nasional. (Pengalaman keluar “kandang”)

Sumpah Dagelan darmaone

Foto ini merupakan bulan dengan ketinggian 9° dan iluminasi 2%. Masih cukup mudah ditangkap mata apalagi dengan kamera. See? Tapi hilal besok dengan ketinggian sekitar 4° dan iluminasi hanya 0,3%?! (lihat juga tulisan saya sebelum ini ~: Membayangkan Hilal Ramadhan :~). Rasanya sangsi ada yang bisa menangkapnya tanpa bantuan kamera. Kita tunggu saja besok hehehe.

Lantas, kenapa ada “dagelan” semacam tadi? Entah lah ya, bayanganku mereka “menumbalkan” dirinya agar terdapat “kebersamaan” di Indonesia karena berani untuk ambil sumpah “melihat”. Katakanlah tak ada yang “berani” untuk disumpah melihat, lain lagi ceritanya. Pasti bakal terjadi perbedaan hehe.

Oh iya, lupa. Karena kriterianya bukan “harus terlihat” hilalnya, tetapi cukup “dimungkinkan terlihat.” Pantas saja. Hehe (lihat juga tulisan saya sebelum ini ~: “Meramal” Awal Ramadhan :~).

Jangan lupa sebelum masuk Ramadhan besok, cek timbangan berat bada dulu hehehe

Jika ingin tahu foto sabit tua ini dalam jarak yang lebih dekat, silahkan kunjungi Instagram saya hehe

Rumah, 4 Juni 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ur Keyboard Ur Weapon

Sebagian besar dari kita pasti sudah jengah dengan “perang keyboard” yang terjadi di linimasa media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram