Breaking News
Home / Nalar / Senjata Mata-Mata

Senjata Mata-Mata

Begitu tingginya animo Pokemon Go sampai-sampai tersebar pesan berantai yang mencatut nama salah satu dosen psikolog. Walaupun HOAX, dikatakan bahwa aplikasi tersebut digunakan untuk mengintai, memata-matai. Hasil kamera yang diarahkan untuk menangkap monster Pokemon tersebut disimpan dan dikirim ke server tanpa sepengetahuan pengguna.

Itu baru satu aplikasi. Lantas, bagaimana dengan SimSimi, aplikasinya orang jomblo?! Bagi yang belum tahu, SimSimi merupakan sebuah platform kecerdasan buatan yang mampu memberikan jawaban terhadap apapun pesan yang pengguna ketikkan. Layaknya bercakap-cakap dengan manusia, sebenarnya pengguna hanya berinteraksi dengan komputer. Oleh karena itu disebut dengan aplikasi jomblo hehe.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana ia dapat memberikan jawaban yang sering kali membuat tersenyum-senyum karena jawabannya cenderung gombal? Apalagi kalau bukan ia menyimpan setiap ketikan yang dikirim kepadanya. Semakin banyak pengguna, semakin banyak ketikan yang diterimanya. Semakin banyak pulalah data yang tersimpan dalam servernya.

Data-data tersebut lantas direkam dan digunakan untuk memberikan jawaban kepada pengguna yang lain. Sebagai contoh, A berinteraksi dengan SimSimi, seakan-akan ia berinteraksi dengan manusia. Di sisi lain, B juga berinteraksi dengan SimSimi yang faktanya ia berinteraksi dengan komputer.

Apa yang diterima SimSimi dari A, bisa jadi ia gunakan untuk berinteraksi dengan B. Begitu juga sebaliknya. Apa yang SimSimi terima dari B, bisa jadi ia gunakan untuk berinteraksi dengan A. Semakin banyak data yang dikumpulkannya, bisa jadi ia semakin cerdas. Bahkan mungkin pengguna tak lagi dapat membedakan ia sedang berinteraksi dengan komputer atau manusia.

Cobalah iseng-iseng mencari di mesin pencari Google dengan kata kunci “Turing Test”.

Sekarang, jika SimSimi semakin dipercaya sebagai “manusia” yang mungkin seringkali dimintai pendapat dalam hal pengambilan keputusan. (Rasanya tidak mungkin, tapi apa sih yang tidak mungkin di dunia milenium ini?!). Lantas ada yang mampu menguasai SimSimi tersebut, memberikan jawaban sekehendak penguasanya. Bukankah SimSimi dapat menjadi senjata yang mengerikan? Memobilisasi pikiran manusia?!

Ah, sepertinya imajinasi saya terlalu berlebihan haha. Tapi, pernahkan di ponsel pintarmu terpasang SimSimi? Berarti anda “pernah” jomblo. Atau “masih”?! Haha

Rumah, 7 September 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

“Qurban” tanda cinta

Eits..kata qurban bukan berasal dr kata “korban” loh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram