Breaking News
Home / Opini / .:: Persaingan Bisnis Transportasi ::.

.:: Persaingan Bisnis Transportasi ::.

Bohong kalau saya melihat data statistik jumlah pengguna transportasi di Indonesia. Bohong pula kalau saya melihat data statistik penyedia jasa transportasi di Indonesia. Begitu juga bohong kalau saya menganalisis kesenjangan antara jumlah pengguna serta penyedia jasa transportasi di Indonesia.

Keramaian antrian di loket stasiun adalah salah satu faktor pendorong saya berbisnis “bakul” tiket. Rasanya, di sini ada peluang untuk “mendulang” pundi emas. Singkat cerita VOILA! Muncullah DarmaOne Tour, penjual “kursi” kereta api dan pesawat.

Entah di bulan ke berapa DarmaOne Tour ini beroperasi dan menghasilkan uang saku tambahan di luar honor pengabdian pesantren saat itu, muncullah Traveloka dengan segala penawarannya. Bagai rakit yang “digoyang” kapal pesiar mewah, DarmaOne Tour ini terseok-seok dalam perjalanannya.

Alhamdulillah, tanpa melupakan kepercayaan teman-teman, DarmaOne Tour ini masih berjalan hingga kini. Dan semoga masih bisa menjaga kepercayaan teman-teman. Walaupun masih berupa “rakit” di tengah “Samudra Merah” yang penuh “tumpah darah.”

Traveloka, bukanlah sebuah ide baru. Model bisnis ini sudah lama ada. Hanya saja keberadaan penyokong dana yang SANGAT kuat ada di belakangnya. Dengan “peluru” yang sangat banyak, ia babat para pesaingnya. Tar. Tar. Tar. Apa yang terjadi selanjutnya? Anda bisa lihat berapa konter agen tiket yang tutup di kota-kota. Salah siapa?

Traveloka dengan model bisnisnya? Promosinya yang gencar dengan penawaran yang sangat menarik bagi pasar? Atau “rakit” saya yang terlalu kecil? Begitu pula “kapal” lain yang sudah ada di “Samudra Merah”? Kami yang “terlambat” menerapkan model bisnis serupa dan tidak segera mengejar ketinggalan?

Rasa penasaran saya kembali muncul ketika ada model serupa di industri yang sama, transportasi. Anda mungkin ingat dengan jasa transportasi online semacam GoJek atau Uber? Terlepas dari segala konflik yang ada, bisakah kasus ini direlasikan dengan kasus saya di awal?

Malioboro Ekspress, 1 Juni 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram