Breaking News
Home / Opini / Menyambut 2017

Menyambut 2017

H – 17 hari menuju pelantikan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat selanjutnya. Selamat datang uncertainty, yang dengannya justru muncul potensi keuntungan yang lebih besar tetapi juga diiringi dengan potensi kerugian yang juga lebih besar. Hukum ketiga Newton itu mutlak. Sebuah aksi tentu akan membawa reaksi.

Mari kita buka lembaran baru tahun 2017 dengan menerapkan ilmu baru. Ilmu yang telah kita pelajari sepanjang tahun kemarin. Belajar dari wawasan dan pengalaman, entah pribadi maupun orang lain. Bisa jadi otodidak dengan membaca buku dan internet maupun dengan berguru langsung pada para ahli dan praktisi.

Jika tahun kemarin ditutup dengan sebuah kerugian, jadikan hal tersebut sebagai bagian dari langkah untuk merengkuh keuntungan yang lebih besar “mulai” tahun ini. Dengan menjadikan kerugian sebagai bagian tersebut maka psikis yang terbenam di kepala menjadi lebih positif daripada mengeluh dan merundung, serta melemparkan kesalahan kepada orang lain.

Bukankah seseorang yang akan melompat mengambil posisi jongkok terlebih dahulu sebelum melentingkan tubuhnya ke posisi yang lebih tinggi? Apa yang sebenarnya ia kejar? Ketinggian yang lebih tinggi. Tetapi ia jongkok terlebih dahulu yang tentunya ketinggiannya lebih rendah dari posisi berdiri.

Bukankah seorang parkour yang ingin melompati antar gedung mengambil ancang-ancang dengan mengambil beberapa langkah mundur dahulu? Dengan langkah demikian, maka lompatannya akan lebih jauh ketimbang tanpa mengambil langkah mundur.

Begitulah cara kita dalam menanggapi kerugian di tahun lalu. Jangan mau jatuh ke dalam lubang yang sama. Kalaupun jatuh lagi, usahakan di lubang yang lain hehe.

Ditulis sembari menyaksikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam membuka BEI 2017 yang ditayangkan dalam CNN Indonesia.

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram