Breaking News
Home / Nalar / Menulis Itu Mudah (1): Tujuan

Menulis Itu Mudah (1): Tujuan

Menulis sebuah cerita itu mudah, by theory. Saya sering membandingkan teori tersebut dengan berbagai cerita baik di novel maupun film. Hasilnya, ending dari sebuah cerita bisa saya tebak bahkan dari satu-dua chapter di depan.

Cerita akan dimulai dari sebuah kondisi di mana karakter utama menginginkan sesuatu dan akan diakhiri ketika keinginan tersebut telah tercapai. As simple as that. Jika diilustrasikan dengan dua titik, titik A sebagai permulaan ketika keinginan belum tercapai dan titik B sebagai akhir ketika keinginan telah tercapai. Garis lurus menghubungkan dua titik tersebut di mana karakter utama akan mendapatkan keinginannya sepanjang garis tersebut.

By concept itu demikian. Tetapi apa serunya dengan alur cerita datar? Ini bukan berita. Bukan pula artikel ilmiah yang mengemukakan fakta. Maka, di sinilah story teller mengambil peran. Mengubah garis lurus menjadi berkelok-kelok. Seiring kelokan tersebut, perasaan dan emosi pembaca dibuat terhanyut. Terombang-ambing. Tak menentu.

Jika titik B sudah terlihat jelas dan kelokan sudah terprediksi, maka time frame cerita tersebut bisa ditebak, kapan akan berakhirnya bisa ditebak. Tetapi jika ternyata rating dari cerita (terutama yang serial) tersebut naik dan semakin populer seperti yang kita lihat di layar kaca (sinetron), maka pembuat cerita akan diminta untuk menambah kelokan, memperpanjang time frame, sehingga cerita tersebut masih tampil di layar kaca.

Tidak hanya sinetron, komik pun juga demikian.

Coba anda praktekkan. Tonton film, baca novel, atau baca cerita pendek. Temukan karakter utama dan keinginannya di awal. Prediksikan apa keinginan tersebut. Begitu keinginan tersebut sudah tercapai, maka itu adalah akhir dari cerita.

Baca selanjutnya di Menulis itu Mudah (2): Tembok

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

“Qurban” tanda cinta

Eits..kata qurban bukan berasal dr kata “korban” loh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram