Breaking News
Home / Opini / Menggiring Opini

Menggiring Opini

Betapa mudahnya memanipulasi pikiran. Menggiring opini. Hanya bermodalkan pena dan kertas. Dicantumkan foto sebagai bumbu pelengkap. Berhenti sejenak. Coba amati foto koran yang saya cantumkan

Sekarang saya “tembakkan” satu peluru lagi untuk memanipulasi pikiran anda. Jika saya tanyakan, “Mengapa figur GEMBONG NARKOBA ditunjukkan BERJENGGOT dan memiliki dua TANDA HITAM di dahi?”.

Apa yang terlintas di benak anda? Adakah sekelebat di sana kata “ISLAM”? Apakah saya pernah menyebutkan kata tersebut dalam dua “peluru” saya: “Foto” dan pertanyaan “Mengapa”?

Lantas, apa dampaknya? Anda mungkin akan mengkaitkan GEMBONG NARKOBA dan ISLAM. Atau juga anda menyalahkan media yang mengatakan bahwa “Ini berita yang MENYUDUTKAN Islam. Kenapa foto yang ditunjukkan seperti ini? Lengkap berkopyah dan berpakaian koko lagi.” Ah, sekarang lihat lagi foto tadi. Adakah kata “ISLAM” muncul di sana?

Kalau pikiran anda tidak demikian, maka SELAMAT karena anda tidak mudah digiring. Coba amati lingkungan sekitar atau media sosial sekarang. Betapa mudahnya opini digiring. Berbekal pena dan kertas. Plus foto sebagai pendukung. ~Ah.

Satu pertanyaan terakhir. Sejak kapan JENGGOT dan TANDA HITAM di dahi identik dengan ISLAM?

*think_smart
*calm_reader

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram