Breaking News
Home / Nalar / .:: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah ::.

.:: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah ::.

Siapa yang tak mengenal pidato terakhir dari tokoh proklamator kita? “Jas Merah”, sebuah akronim dari “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Sayangnya akronim ini justru dipanjangkan keliru. Bukannya menggunakan kata “meninggalkan” tapi justru “melupakan”. Karena teks Inggrisnya adalah “never leave history”.

Terlepas dari itu, ada kutipan serupa dari George Santayana, “Those who don’t learn from history are doomed to repeat it.” Tak perlu kuartikan, karena anda lebih mahir berbahasa Inggris 😊

Terkesan sederhana tapi biarkan kuambilkan contoh sederhana tentang pesantren dan jalan berlubang.

Perjalananku menuju pesantren jika mengambil jalan belakang yakni Jalan Adi Sutjipto, baik itu melalui gang setelah Makutho Surakarta yang berujung pada kampus ATMI maupun gang yang lebih sempit melalui Hotel KenDedes. Jalan keduanya penuh lubang dan polisi tidur. Terlalu kencang dalam melajukan kendaraan, maka akan berakibat terperosok ke dalam lubang atau terpelanting karena polisi tidur.

Sudah banyak kejadian orang mengaduh akibat terperosok ke dalam lubang-lubang tersebut dan ini terdengar sampai kamar terujung di asrama pesantren. Berkali-kali ku lalui jalan tersebut. Lantas apa akibatnya jika ku tak belajar dari “sejarah”? Bisa jadi santri-santri di kamar pojok tersebut yang mendengar suaraku mengaduh.

Contoh lain adalah Islam pernah berada di masa keemasannya di mana wilayahnya tak hanya sebatas Makkah – Madinah, dua kota Haram, atau semenanjung Arab. Namun juga pernah menyeberangi Jabal Thoriq/ Gibraltar dan mencapai daratan Eropa. Menggoreskan “tinta” dalam sejarah Eropa.

Tapi kekuasaan tersebut sirna karena………. Apa hayo? Kembali ingat pidato terakhir Bung Karno, “never leave history” dan George Santayana agar tidak “doomed to repeat it”.

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

“Qurban” tanda cinta

Eits..kata qurban bukan berasal dr kata “korban” loh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram