Breaking News
Home / iseng / Daging Zombie

Daging Zombie

“Bulan depan saya ingin mengadakan perayaan besar nih,” ujar Bos Besar, mengumumkan keinginannya. “Saya ingin kalian jamu tamu-tamu kita dengan hidangan yang mewah,” sambungnya.

Tak usah ditanya lagi. Hidangan mewah bagi Bos Besar ialah aneka masakan daging: Corned Beef, Pot Roast, Beef Stroganoff, Salisbury Steak, Swiss Steak, atau Beef Brisket. (Kalau anda tidak tahu menu-menu tersebut, tak usah minder. Karena saya juga. Ganti saja menu tersebut menjadi rendang, abon, dendeng, dan satai).

Singkat cerita, dua anak buah bos besar tadi mencari semua bahan yang dibutuhkan, termasuk bahan utamanya yakni daging sapi. Tetapi harga daging sapi per kilogramnya sekarang mencapai Rp 120 ribu. Adakah cara lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah? Beli dalam jumlah partai?

Pembelian dalam jumlah banyak mengindikasikan permintaan (demand) yang tinggi. Tentu hal ini akan memicu kenaikan harga menuju titik keseimbangannya.

Bagaimana jika lemparkan isu sapi berpenyakit? Dampaknya ialah permintaan masyarakat akan menurun tetapi penawaran tetap. Kembali ke konsep supply & demand, maka harga akan turun untuk menarik kembali permintaan. Dan di sinilah momentum untuk mendapatkan daging di harga bawah. Kalaupun kelak naik akibat permintaan yang banyak, ia akan kembali ke posisi semula. Nothing to lose.

Pedagang daging tak bisa “menimbun” dagingnya karena ia bisa busuk. Tidak berdagang pun bukan merupakan solusi. Dapur di rumah harus tetap mengepul. Mengapa tidak diolah sehingga wujudnya tidak berupa daging mentah? Itu jalan lain dan sudah ada pemain yang bergerak di sana, tukang bakso misalnya.

Lantas siapa Bos Besar yang akan mengadakan perayaan tersebut?

Cerita di atas hanyalah rekayasa semata. Tidak ada kaitannya dengan kejadian di sekitar kita hehe.

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

“Qurban” tanda cinta

Eits..kata qurban bukan berasal dr kata “korban” loh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram