Breaking News
Home / Nalar / Balada Bulan Kembar

Balada Bulan Kembar

“Lhoh malam ini ada bulan kembar lho?!”
“HOAX itu Bah. Bulan aja terbit menjelang Shubuh nanti,” dan bla . . .bla . . .bla sampai berbusa-busa mencoba menjelaskan. (aslinya biasa aja sih, hehe).

Esok paginya, “Lhoh Mas, semalam ada bulan kembar lho?!” | “Bo’ongan itu Ma.” | “Ini Mama dapat pesannya.” | “Lha tadi pagi udah saya potret lho Ma. Udah tak upload di facebook juga.”

Balada bulan kembar di dalam rumah. Begitu viralnya dalam semalam sudah sampai masuk rumah. Dan yah, niat banget ini saya untuk membuat tulisan tentangnya. Hadeh hadeeh.

Fenomena Alam
“BULAN KEMBAR”

29 Agustus 2016 (nanti malam) akan ada dua rembulan. Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini..
Pada malam itu, Planet MARS akan sangat cerah seperti rembulan
dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang.
Mars akan berjarak 34,65 M Mil jauhnya dari bumi.
Untuk itu jangan lupa melihat fenomena alam ini
pada 28/8-2016 (senin) jam 12.30 malam atau jam 00:30.
(Nanti malam)
Karena Anda akan melihat dua bulan di langit.
Peridtiwa ini hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287
Silahkan berbagi ini dengan semua. Karena orang2 yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi utk melihat kejadian ini

Pesan singkat di atas mungkin yang diterima sebagian besar orang, yang lantas mempercayainya. Bahkan mungkin ada yang niat benar untuk mengamati bulan kembar. Bahkan ada juga yang niat benar untuk membuat tulisannya. Hadeh hadeh. Tapi sebenarnya apa yang menjadi kembaran dari bulan tersebut?

Mars, planet merah, yang disebut sebagai kembaran bulan dalam pesan berantai tersebut. Menurut catatan NASA, ukuran planet Mars memiliki radius 3.390 km sedangkan Bulan beradius 1.737 km. Itu menurut catatan NASA, kalau tidak percaya dengan catatan NASA dan segala konspirasi Bumi bulat ya sudah. Wassalaam hahaha.

Baru satu variabel yang kita ketahui, radius planet dan bulan. Variabel yang lain, jarak dari Bumi untuk planet Mars adalah 54,6 juta km sedangkan Bulan hanya 384.400 km.

Sekarang jika dua variabel tersebut diilustrasikan dalam gambar. Masih ingat bab kesebangunan dalam pelajaran Matematika? Check this out!

bulan kembar segorestinta

Gambar di atas hanya merupakan simulasi, tapi mari kita bermain logika sederhana.

Garis yang menyinggung Bulan di kedua sisinya merupakan garis bayangan. (anggap saja begitu hehe). Untuk mendapatkan “bulan kembar” yang memiliki ukuran yang kembar dengan bulan maka planet Mars harus memiliki ukuran sebesar bumi atau dalam gambar tersebut ditunjukkan pada lingkaran A.

Jaraknya pun harus sama persis dengan gambar tersebut. (paling tidak memiliki rasio yang proporsional) Sehingga ketika garis yang ditarik memanjang dari yang menyinggung Bulan, menyinggung juga dengan “bulan kembar”

Tetapi kenyataannya adalah jarak planet Mars lebih jauh dari lingkaran A. Mungkin jika digambarkan akan seperti gambar di bawah.

bulan kembar segorestinta 2

Terlihat tidak lingkaran kecil di sebelah kanan? Jika garis singgung ditarik semakin panjang, maka butuh seberapa besar planet Mars agar memiliki ukuran yang sama dengan Bulan? sehingga dapat dikatakan bulan kembar.

Ah, mudahnya lihat saja matahari. Ukuran bulan dan matahari yang dilihat dari bumi memiliki lingkaran yang sama besar. Cara mengeceknya adalah ketika terjadi gerhana total. Betul kan?!

Sekarang jika saya tanya, seberapa besarkah matahari? Ah, saya lupa. Jarak matahari dengan Bumi sejauh 149,6 juta km menurut catatan NASA. Tinggal dibuat saja kesebangunan seperti gambar-gambar tadi lantas ditarik garis singgungnya. Tentunya dengan rasio yang sesuai.

Sekarang, di manakah bulan kembar? Sebagai pertimbangan, berikut saya cantumkan ternyata saya sempat memotret baik bulan maupun planet Mars tanpa menggunakan teleskop.

Rumah, 30 Agustus 2016

About darmaone

always unpredictable, and will be being like this

Check Also

“Qurban” tanda cinta

Eits..kata qurban bukan berasal dr kata “korban” loh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram