Breaking News
Home / Cerpen / .:Kisah Dewaruci.:

.:Kisah Dewaruci.:

Sekilas mendengar namanya, seketika teringat dengan Kapal buatan Indonesia yang sudah berkelana keliling Benua

.

Namun, tahukah kalian bahwa nama Dewaruci di ambil Dr kisah pewayangan Jawa yang mengisahkan tentang semangat dan kepatuhan seorang murid pada gurunya demi mencapai kesempurnaan hidup (kesampurnaning agesang)

Dikisahkan, dahulu kala,  Bima (sepupu dari Pandawa) sangat hormat pada gurunya yaitu Dewaruci, ia selalu menggunakan ragam Krama (tata bahasa Jawa untuk orang yg lebih tua) dalam belajar dgn sang Guru. Cerita lengkapnya dapat di lihat di sinar-cakrawala9.blogspot.co.id

.

Kisah Dewaruci merupakan gambaran bagi manusia bahwa manusia diciptakan untuk terus-menerus belajar, belajar tentunya punya tata Krama yg baik. Seperti: memiliki rasa bakti, patuh dan setia pada sang Guru. tata Krama menjadi hal yg penting agar nantinya, ilmu yg disampaikan guru akan menjadi manfaat bagi masa depan sang murid.

Ada pepatah yang saya garis bawahi dalam kisah ini, “belajarlah, bahwa dengan sujud bersembah, bertanya dan dengan pelayanan; orang bijak yg telah melihat kebenaran mengajariku dalam ilmu pengetahuan”

.

Maksudnya, manusia perlu selalu belajar, menggali wawasan. Dengan tak lupa selalu taat pada Penciptanya, merendahkan diri pada gurunya, dan tak lupa berprilaku baik. insyaallah, apapun yang diberikan guru kelak semuanya berisi ilmu yang bermanfaat

.

Kisah ini menjadi petuah awal dosen saya,sebelum saya melanjutkan skripsi. Semoga bermanfaat juga untuk kalian~

About anak rantau

Check Also

Ur Keyboard Ur Weapon

Sebagian besar dari kita pasti sudah jengah dengan “perang keyboard” yang terjadi di linimasa media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram