Breaking News
Home / Opini / Visi, Misi, dan Isi

Visi, Misi, dan Isi

Hidup adalah anugrah yang diberikan tuhan oleh seluruh mahluk di alam semesta. Baik buruk yang didapat dalam hidup adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Semuanya terbentuk untuk membentuk keseimbangan dalam hidup. Tanpa keseimbangan, tidak ada yang akan hidup. Semua yang ada berjalan beriringan tanpa ada yang terpisahkan. Ada kaya ada miskin. Ada pintar ada bodoh. Ada Rajin ada pula malas.
Pada dasarnya, keseimbangan dalam hidup terbagi menjadi dua hal. Hidup dalam keadaan positif atau hidup dalam keadaan negatif. Dalam masing – masing keadaan, manusia akan terpaksa untuk menerima salah satu dari dua hal tersebut. Menjadi bagian yang positif atau menjadi bagian yang negatif. Sudah menjadi kodrat manusia untuk selalu berusaha menjadi bagian yang positif.
Menjadi bagian yang positif dalam kehidupan, bukanlah perkara mudah. Butuh usaha yang ekstra untuk mendapatkannya. Walaupun, usaha tersebut terbilang tidak positif. Pada dasarnya, ada tiga hal yang bisa dimiliki untuk bisa menjadi bagian positif dengan cara yang positif pula. Tiga hal tersebut adalah visi, misi, dan isi. Dengan tiga hal tersebut, manusia bisa terarah menjadi bagian positif.
Pertama adalah visi. Visi merupakan tujuan yang seharusnya dimiliki oleh seluruh orang. Dengan visi, manusia akan memiliki arah yang pasti. Dengan visi pula, manusia bisa mengerti mengapa mereka harus hidup. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki visi dasar sederhana yaitu ingin tetap hidup. Visi tersebut bukan hanya dimiliki oleh manusia saja. Akan tetapi seluruh mahluk memiliki visi yang sama, yaitu ingin tetap hidup.
Kedua adalah misi. Misi merupakan hal yang akan dilakukan oleh seluruh orang. Misi merupakan cara untuk menggapai visi. Tanpa misi, maka visi hanyalah tong kosong, tak berguna, dan hanya menjadi bualan. Jika visi sederhana adalah ingin tetap hidup maka misi sederhana adalah apa yang perlu dilakukan untuk bisa hidup. Mulai dari bernafas, makan, berkembang biak, dan sebagainya. Misi sederhana yang sebenarnya juga dimiliki oleh seluruh mahluk hidup didunia.
Ketiga adalah isi. Isi merupakan hal yang bisa mewujudkan visi dan misi. Isi adalah pengetahuan untuk bisa mewujudkan visi dan misi. Tanpa isi, maka visi dan misi yang terbangun tidak akan pernah berjalan dan hanya jalan di tempat. Banyak manusia yang memiliki visi dan misi yang bagus, akan tetapi mereka lupa untuk menyiapkan isi. Sederhananya, mereka ingin tetap hidup, apa yang dilakukan untuk tetap hidup, tetapi lupa bagaimana untuk tetap hidup. Kalau diibaratkan dalam pembuatan pesawat, mereka tahu ingin membuat pesawat seperti apa, apa yang harus dilakukan untuk membuatnya, tetapi tidak memiliki ilmu pengetahuan untuk membuatnya.
Kesimpulannya, dalam kehidupan, manusia harus memiliki visi, misi, dan isi yang jelas. Ketiganya ada untuk saling melengkapi dan tidak bisa dimiliki salah satunya saja. Dengan memiliki visi, misi, dan isi yang jelas maka manusia bisa menemukan keseimbangan dalam hidup. Menemukan sesuatu yang positif dalam kehidupan.

About aji.achmad

Check Also

Ramadhan ala perantau

  Sayup-sayup suara tilawah dari speaker masjid saling bersahutan dan langit senja yang mulai menguning …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ingin ketinggalan  Goresan Tinta

terbaru kami?

 

Cantumkan Nomor WhatsApp anda di sini

BERLANGGANAN GRATIS

Channel Telegram